5 Fakta Menarik Tentang Kota Klaten

5 Fakta Menarik Tentang Kota Klaten - visitklaten.com

Kabupaten Klaten adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki prestasi apik dalam berbagai bidang. Ada beberapa sentra ekonomi besar di Klaten seperti Sentra Industri Konveksi, karung goni di Delanggu, Gerabah di Kerakitan dan masih banyak yang lain. Potensi ekonomi ini membuat Klaten semakin berkembang dan maju. Tak hanya dari sektor bisnis, Klaten juga mendapatkan banyak pendapatan besar dari sentra pariwisata. Fakta menarik ini cukup menakjubkan mengingat Klaten hanya sebuah kabupaten kecil.

 

Jika anda penasaran dengan fakta menarik kota Klaten, maka ulasan berikut bakal menjawab semua rasa penasaran anda.

  1. Klaten memiliki dua candi besar

Candi Prambanan terletak di dua kabupaten yaitu Jogjakarta dan Klaten serta Candi Sewu yang tak jauh dari kompleks candi Siwa tersebut. Fakta tentang Klaten yang memiliki dua candi megah tersebut patut diacungi jempol.

  1. Lokasi yang dekat dengan Gunung Merapi

Bukan hanya warga Jogja yang kuwalahan jika Merapi meletus, namun juga warga Klaten. Klaten terletak di arah tenggara Gunung Merapi yang membuat sisa letusan seperti hujan debu jatuh ke kota kecil ini.

  1. Memiliki tiga pusat kota yang menarik

Salah satu fakta tentang Klaten yang unik adalah adanya tiga kecamatan maju di kabupaten ini yaitu Klaten Utara, Klaten Tengah dan Klaten Selatan. Bahkan muncul sebuah wacana untuk membentuk kota sendiri yang terdiri dari tiga kecamatan tersebut.

  1. Klaten pernah menjadi kota administratif

Klaten pernah menjadi sebuah kota administratif sebelum akhirnya pemerintah menghapuskan kota administratif pada tahun 1999. UU tersebut membuat kota Klaten yang maju bergabung kembali dengan kabupaten Klaten.

  1. Memiliki empat kode area

Berbeda dengan kota lain yang hanya memiliki satu kode area, Klaten memiliki empat kode area yang berbeda. Klaten utara memiliki kode 0276 karena berbatasan dengan Boyolali, Klaten bagian barat dan selatan memiliki kode area 0274 sedangkan bagian timur yang berbatasan dengan Surakarta memiliki kode 0271. Sedangkan kode resmi kabupaten Klaten adalah 0272. Sangat menarik, bukan?

 

5 fakta menarik tentang Klaten tersebut mungkin akan menambah wawasan anda mengenai salah satu kabupaten berbasis ekonomi yang maju di Jawa Tengah tersebut. Selain itu, banyak sekali destinasi wisata Klaten yang wajib anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta.

Sekian artikel kami tentang 5 Fakta Menarik Tentang Kota Klaten.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Visit klaten – Peta pariwisata dan media iklan Klaten – Ayo Ke Klaten !.

Merupakan media informasi pariwisata dan media iklan di area klaten, surakarta, yogyakarta, boyolali dan sekitarnya.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

 

No votes yet.
Please wait...

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website