Museum Gula Gondang Winangoen Klaten

Gondang Winangun

Museum Gula Gondang Winangoen Klaten – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tempat atau museum bersejarah lengkap dengan berbagai cerita di dalamnya.

Apabila anda ke Klaten, Jawa Tengah maka jangan sampai lupa untuk mampir di museum yang cukup terkenal ini bernama Museum Gula Gondang.

Sepertinya namanya, ya memang museum ini dekat kaitannya dengan gula. Di Indonesia sebenarnya memang banyak pabrik gula akan tetapi hanya Klaten saja yang memiliki pabrik Gula lengkap dengan adanya Museum Gula.

 

Seperti museum lain pada umumnya, di Museum Gula Gondang ini juga dilengkapi oleh banyak koleksi yang tentu saja akan mengundang decak kagum para pengunjungnya.

Kawasan museum tersebut letaknya di Jalan raya Solo-Jogja, Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57452. Letaknya yang cukup strategis maka membuat banyak orang tidak sulit untuk mendatangi museum ini.

Museum Gula Gondang berada tepat di tepi jalan utama atau jalan raya yang menyambungkan kota Yogyakarta dengan kota Solo.

Awalnya, museum Gula Gondang Klaten ini berdiri karena atas pertimbangan tentang perkembangan industri untuk sebagai data agar dapat melakukan perkembangan lebih maju.

Bapak Soepardjo Roestam selaku Gubernur Propinsi Jawa Tengah saat itu memunculkan gagasan untuk membangun museum tersebut lalu didukung oleh Ir Waryatno yang merupakan Dirut PTP. XV – SVI.

Museum Gula Gondang ini termasuk dalam museum lengkap dengan teknologinya. Terdapat banyak sekali koleksi lengkap yang terdiri dari alat-alat tradisional dalam pengolahan dan penanaman bibit tebu, pemeliharaan tanaman serta alat-alat mekanik atau fabrikasi yang berasal dari pabrik gula.

Dilengkapi pula oleh foto-foto pada saat upacara giling pertama, serta tiruan visualisasi ruang administrasi lama serta masih banyak lagi.

Untuk mengunjungi tempat ini, perlu diketahui bahwa Museum Gula Gondang buka sejak pagi, siapapun boleh masuk mengunjungi museum tersebut.

Untuk masuk ke dalam museum, anda perlu membayar tiket sebesar Rp 3.500, lalu akan ada petugas yang nantinya memandu para pengunjung berkeliling museum.

Berbagai peralatan lengkap mulai dari bahan dan alat kecil seperti toples, pajangan foto bahkan mesin-mesin yang digunakan pabrik dari manual hingga modern dan alat laboratorium bisa dijumpai di museum gula tersebut.

Beberapa barang antik lainnya seperti mesin ketik, mesin untuk menghitung, alat hitung manual dan barang-barang lainnya juga dipajang dimana diantaranya adalah alat yang telah dibuat sejak tahun 1900-an silam.

Rutenya jika dari arah solo maka setelah lampu lalu lintas dekat RSUD klaten atau lebih dikenal Rumak Sakit Tegalyoso. Maka terus lurus ke arah jogja dan setelah lampu lalu lintas ketiga maka sudah sampai. RSUD >> Bendogantungan >> Jetis >> Gondang. Terletak di kanan Jalan Utama Jogja-solo.

Jika dari arah Jogja maka dari prambanan lurus terus sekitar 12-15 KM maka akan sampai dan terletak di kiri Jalan Utama Jogja-solo.

Peta Lokasi

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website