Memanfaatkan Liburan Sekolah Secara Maksimal dan Efektif

liburan sekolah

Libur tlah tiba…. Libur tlah tiba… hore... hore... hoore.... Itulah sepenggal lagu anak-anak yang terkesan ceria dan bahagia serta menggambarkan keadaan akan tibanya liburan sekolah. liburan merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa setelah sekian lama beraktifitas dan belajar rutin di sekolah. Tetapi setelah sekian lama menghabiskan waktu liburan pada akhirnya akan timbul rasa kebosanan karena tidak adanya kegiatan yang efektif dan maksimal selama liburan.

Dalam mengisi liburan sekolah sebaiknya seorang siswa perlu merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam mengisi liburan sekolah sehingga liburan menjadi lebih bermakna dan tidak membosankan. Banyak kegiatan liburan yang positif yang dapat dilakukan di rumah maupun di luar rumah.

Berikut ini merupakan hal-hal positif yang bisa dilakukan selama liburan sekolah, antara lain :

 

1. Mengunjungi tempat-tempat wisata
Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para siswa, dan sebaiknya untuk mendapatkan lebih banyak manfaat, para siswa mengunjungi objek wisata sejarah yang dapat menambah wawasan sejarah.

2. Mengikuti Kegiatan Outbond
Kegiatan Outbond sangat baik sebab merupakan kegiatan yang menyenangkan, di dalamnya terdapat permainan yang bertujuan untuk membangun kebersamaan, kerja-sama team dan rasa percaya diri pada peserta.

3. Travelling atau Melakukan Perjalanan
Mengunjungi kota lain selama liburan merupakan hal yang positif dan menyenangkan apalagi jika mengunjungi rumah sanak keluarga yang jauh dan jarang bertemu. hal ini akan dapat semakin mempererat hubungan silaturahmi.

4. Menulis
Dengan adanya liburan bagi bisa dimanfaatkan untuk menulis, sebab bisa fokus menggali inspirasi yang bisa dituangkan dalam bentuk karya semisal cerpen atau yang lainnya.

5. Membaca
Bagi yang belum membaca buku-buku bagus miliknya karena belum ada waktu luang selama aktifitas sekolah. Maka liburan merupakan waktu yang bagus untuk meluangkan waktu untuk sekedar membaca koleksi buku-buku.

6. Membereskan dan membersihkan lingkungan rumah
Ada baiknya membantu orang tua membersihkan lingkungan rumah seperti menyapu halaman, membersihkan langit-langit rumah, membersihkan rumput, menata taman, atau mengecat rumah.

 

7. Meningkatkan pemahaman Agama
Masa liburan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman pada ajaran Agama. Dari peningkatkan kualitas ibadah, menghafal ayat-ayat al-Quran, mendengarkan kajian keislaman, kajian sirah Nabi saw dan para sahabat. Jadi walaupun liburan tidak ada yang sia-sia bagi seorang muslim, liburan tetap bernilai ibadah dan bermanfaat

Sekian artikel kami tentang Memanfaatkan Liburan Sekolah Secara Maksimal dan Efektif.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Visit Klaten – Peta pariwisata dan media iklan Klaten – Ayo Ke Klaten !.

Merupakan media informasi pariwisata dan media iklan di area Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Boyolali, Karanganyar dan sekitarnya.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

 

Please wait...

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website