Pesona Dusun Girpasang, Telogomulyo, Kemalang

3 August 2020
Pesona Desa Telogomulyo, Kemalang

Pesona Desa Telogomulyo, Kemalang

Pesona Dusun Girpasang, Desa Telogomulyo, Kec. Kemalang, Kab. Klaten. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pengunjung visitklaten[dot]com yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi website kami. Kami menerima segala masukkan dan kritikan agar web dan diri kami menjadi lebih baik lagi.

Kabupaten klaten memang mempunyai tempat ataupun daerah yang memiliki potensi tempat wisata yang cukup unik dan menarik.

Salah satunya adalah dusun Girpasang yang tergolong cukup unik. Dusun tersebut membentang di kaki Gunung Merapi dan dipisahkan oleh jurang dengan desa yang lainnya.

Satu-satunya akses agar bisa mencapai dusun tersebut adalah dengan melalui jurang yang dalamnya mencapai hingga 150 meter.

Selain melewati jalan meliuk tersebut, warga sebetulnya telah membuat gondola kecil untuk menghubungkan desa Telogomulyo dengan desa lain. Namun, sayangnya, gondola tersebut hanya dapat digunakan untuk mengangkut barang saja.

Sebetulnya gubernur jawa tengah telah mengusulkan ke Kementerian tentang jembatan dan telah disetujui. Namun karena ada refocusing anggaran terkait dengan COVID-19 maka ditunda dulu.

 

Pesona Desa Telogomulyo, Kemalang

Sesampainya di dusun maka akan dijumpai deretan rumah sederhana yang didominasi kayu, dan kandang-kandang sapi milik penduduk. Di dusun ini total hanya terdapat 9 rumah dengan 12 kepala keluarga dan 37 jiwa saja yang tinggal.

Jalannya naik-turun dan bagus sekali serta cocok dijadikan sebagai destinasi wisata. Menurut Kepala Desa Tegalmulyo, Dusun Girpasang sebetulnya telah siap dijadikan destinasi wisata sejak tahun 2017 yang lalu. Namun karena kondisi seperti ini maka belum bisa maksimal.

Ditambah masih banyak sarana dan prasarana yang harus dipenuhi supaya Dusun Girpasang dapat menjadi tempat wisata. Sementara, sekarang ini kondisi keuangan desa sangatlah terbatas.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, pertanyaan, tambahan atau saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

sumber: https://kumparan.com/kumparannews/bagi-bagi-kurban-ganjar-malah-terpukau-dengan-pesona-desa-telogomulyo-klaten-1tvEsdaLgem/full

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top