7 Manfaat Tidur Siang

Manfaat Tidur Siang

7 Manfaat Tidur Siang. Tidur siang adalah cara sehat untuk mengembalikan defisit kurang tidur. Bagi kebanyakan orang tidur siang itu baik.

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa tidur siang yang berlangsung antara 15 dan 90 menit dapat meningkatkan fungsi otak mulai dari ingatan sampai fokus dan kreativitas. Bahkan bagi sebagian orang, tidur siang sama menenangkannya dengan tidur semalaman.

Manfaat Tidur Siang

1. Tidur siang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kurang tidur akan berdampak buruk pada fungsi neuroendokrin dan kekebalan tubuh dengan meningkatkan molekul peradangan yang dikenal sebagai sitokin.

Selain itu juga meningkatkan hormon stres seperti norepinefrin dan kortisol. Sebuah studi tahun 2015 di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism mengambil 11 pria muda yang sehat dan membatasi mereka untuk tidur hanya 2 jam.

Tes darah dan urin mengukur sitokin yang lebih tinggi dan kadar norepinefrin di kedua kelompok setelah kurang tidur. Keesokan harinya, satu kelompok diberi dua setengah jam tidur siang, sementara kelompok lainnya tidak memiliki tidur siang.

Sampel darah dan urin dari mereka yang tidur siang menunjukkan bahwa tingkat sitokin dan norepinefrin mereka telah kembali normal, seolah-olah mereka tidak pernah kehilangan tidur malam.

2. Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan malam.

Bagi orang yang bekerja di malam hari, atau sepanjang malam. Di beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang antara 30 menit dan 4 jam yang diambil sebelum shift akan meningkatkan kinerja dan kewaspadaan.

Tidur siang juga bisa meningkatkan kewaspadaan mengemudi malam hari dalam perjalanan pulang dari shift.

Sebuah penelitian yang membandingkan tidur siang dan kafein menemukan bahwa tidur siang secara umum akan memberikan perubahan kinerja, suasana hati, dan kewaspadaan yang lebih lama dan lebih sedikit daripada kafein.

3. Tidur siang + kafein adalah kombinasi yang sangat baik

Ahli bedah harus sering melakukan operasi terus menerus selama berjam-jam. Sebuah studi dalam jurnal Ergonomics menemukan bahwa tidur siang cukup efektif untuk menjaga dokter bedah yang harus tetap terjaga selama 24 jam dalam keadaan siaga.

Tetapi hanya ketika kafein juga diberikan, jadi tidur siang saja atau kafein saja itu tidak cukup.

Inilah Manfaat Tidur Siang

4. Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan di siang hari.

Menurut sejumlah penelitian laboratorium bahwa tidur siang hari bisa meningkatkan kewaspadaan mental dan kinerja. Namun, para peneliti juga menemukan bahwa tidur siang pendek akan lebih efektif daripada tidur siang yang lebih lama. Waktu yang paling efektif adalah 10 menit.

5. Tidur siang dapat membantu mempelajari keterampilan baru.

Jika ingin menjadi lebih baik dalam mempelajari keterampilan baru maka bisa mencoba lebih sering tidur siang. Sebuah studi 2006 dalam Biologi Fisiologi memecah peserta menjadi 2 kelompok yaitu yang sering tidur siang dan yang tidur siang secara sporadis.

Setiap kelompok diberi tidur siang sebelum tugas membaca. Orang yang terbiasa tidur siang akan lebih baik dalam tugas membaca dan retensi.

Para peneliti menemukan bahwa otak Orang yang terbiasa tidur siang akan mengkonsolidasikan pembelajaran motorik lebih baik, yang merupakan bagian dari proses belajar keterampilan baru.

6. Tidur siang dapat meningkatkan stamina fisik.

Ternyata tidur siang tidak hanya baik untuk proses mental, namun juga memiliki dampak positif pada stamina dan kinerja fisik. Sebuah studi di Journal of Sports Sciences menempatkan 10 pria sehat melalui serangkaian sprint.

Waktu berlari meningkat setelah tidur siang sehingga menunjukkan kepada para peneliti bahwa tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan dan aspek kinerja mental dan fisik setelah kurang tidur sebagian.

7. Tidur siang dapat meningkatkan daya ingat

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Anda Mungkin Menyukai Ini

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website