Asal Mula Desa Gadungan, Wedi

Asal Mula Desa Gadungan Wedi

Asal Mula Desa Gadungan, Wedi. Nama Desa yang unik ini  berada di Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Desa yang berpenduduk sekitar 1.500 jiwa tersebut berada persis di jantung kecamatan.

Desa Gadungan terbagi dalam 13 RT dan 5 RW dan termasuk desa yang memiliki pemerintahan cukup tua. Pemerintahan sederhana bahkan menurut catatan di desa telah ada sejak tahun 1922.

Nama Desa Gadungan, ternyata eh ternyata memang berhubungan dengan kepalsuan. Dari 2 versi sejarah desa, salah satunya menyebutkan konon di masa lalu terdapat sesepuh atau cikal bakal desa yang memelihara harimau. Harimau tersebut dipercaya sebagai harimau jadi-jadian.

Sejarah Desa Gadungan, Wedi

Terdapat 2 versi sejarah desa. Versi pertama menyebutkan bahwa ada sesepuh awal desa bernama Mbah Gadungan. Karena sesepuhnya bernama Mbah Gadungan, ketika pemerintahan desa dibentuk maka nama sesepuh tersebut diambil sebagai nama desa.

Versi lain, julukan Mbah Gadungan itu muncul karena yang bersangkutan mempunyai peliharaan harimau jejadian. “Harimau itu sampai sekarang ini jadi simbol desa. Yaitu gambar kepala harimau menjadi simbolnya.

Gadungan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti jadi-jadian, bukan yang sebenarnya, palsu. Tapi hal tersebut tak berlaku bagi Desa Gadungan.

Mungkin nama Desa Gadungan terdengar aneh bagi orang luar desa namun bagi warga biasa saja menanggapi. Walaupun unik, sejauh ini belum pernah ada yang mentertawakan nama itu bahkan warga tetap bangga.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Anda Mungkin Menyukai Ini

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website