Hujan Abu Tipis di Klaten Akibat Dari Erupsi Gunung Merapi

Erupsi Gunung Merapi

Hujan abu tipis akibat dari erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada hari Sabtu, tanggal 2 Maret 2019 pagi kemarin, Masyarakat tetap kondusif dan tidak menyebabkan aktivitas warga Kabupaten Klaten di wilayah atas menjadi terganggu.

Hujan abu terjadi di wilayah Sidorejo Utara dan Balerante Utara, Kecamatan Kemalang sekitar jam 06.05 WIB. Sedangkan, di daerah Kendalsari, Talun, dan Panggang terjadi sekitar jam 06.30-07.00 WIB.

Status Gunung Merapi masih pada level waspada. Hujan abu tipis telah terjadi beberapa kali, selain itu juga jarak luncur awan panas masih belum terlalu jauh yakni sekitar 1 km ke bawah.

Berdasarkan data dari BPPTKG Yogyakarta, guguran lava dan awan panas guguran akan berpotensi untuk menimbulkan hujan abu maka warga Merapi dihimbau tetap tenang serta beraktivitas seperti biasa.

Mengenai rincian kegempaan, awan panas guguran terjadi sebanyak 7 kali dengan amplitudo 52-69 mm serta durasi 56-190 detik. Sedangkan gempa guguran terjadi sebanyak 21 kali, dan gempa hembusan 14 kali, serta gempa vulkanik dangkal 1 kali.

 

Nb: gambar hanya ilustrasi

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1181220/erupsi-gunung-merapi-sebabkan-hujan-abu-tipis-di-klaten/full&view=ok

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Visit Klaten – Peta Pariwisata dan Media Iklan Klaten – Ayo Ke Klaten !.

Merupakan Media Informasi Pariwisata dan Media Iklan di area Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Boyolali, Karanganyar dan sekitarnya.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

#visitklaten #visitklatencom #klaten

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Artikel
Author Rating
51star1star1star1star1star

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website