Perlindungan Diri Terhadap COVID-19

5 Cara Supaya Tidak Tertular Virus Corona

Perlindungan Diri dari COVID-19. Pandemi corona telah mewabah hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Virus ini sebaiknya disikapi jangan dianggap enteng namun juga jangan terlalu panik. Ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah ataupun membantu menghentikan penyebaran COVID-19.

Perlindungan Diri Terhadap COVID-19

Hal yang Perlu Dilakukan yaitu antara lain

Menutup Mulut
Sebaiknya menutup mulut ketika bersin/batuk menggunakan tisu atau masker. Buanglah tisu atau masker pada tempat sampah yang tertutup.

Cuci Tangan
Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol minimal 60 persen.

Disinfeksi
Bersihkan dan lakukan disinfeksi pada permukaan benda yang sering disentuh seperti kunci, smartphone, atau gagang pintu.

Makanan Sehat
Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi dan jangan lupa rutih berolahraga.

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Berdekatan
Berada dekat dengan orang yang sedang batuk, sakit, atau bersin.

Menyentuh Wajah
Menyentuh mulut, hidung, atau mata dengan tangan yang tidak steril.

Menimbun Masker
Menimbun masker atau barang-barang yang sekarang ini dibutuhkan oleh orang banyak.

Berpergian
Berpergian ke luar rumah ketika sedang sakit atau menunjukkan gejala COVID-19.

Beberapa Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Apakah orang yang sudah tua rentan terkena COVID-19?
Tidak hanya manula, bahkan generasi muda pun bisa tertular COVID-19 apabila tidak menjaga diri. Pada umumnya, manula memang rentan terkena COVID-19 disebabkan sistem imun tubuh sudah tidak seprima dulu.

Selain itu, manula yang mempunyai riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi, penyakit pernapasan, atau penyakit parah lainnyasehingga memiliki kemungkinan besar untuk tertular COVID-19 akut.

Apakah COVID-19 perlu dikhawatirkan ?
Sebanyak 80% kasus COVID-19 bersifat “ringan”, sehingga perawatan yang cukup bisa memulihkan mereka segera dalam waktu cepat.

Namun, dikarenakan penyebarannya yang cepat, maka diimbau untuk tetap waspada pada penyebaran COVID-19. Jika merasakan gejala-gejalanya, maka jangan ragu untuk ke fasilitas kesehatan terdekat.

Perlukah menggunakan masker?
Perlu. Karena saat seseorang berada di luar rumah, maka akan ada banyak sekali ancaman penularan virus. Sesuai rekomendasi dari WHO, semua orang (baik itu yang sakit maupun yang sehat) perlu menggunakan masker.

Masyarakat umum, bisa menggunakan masker berbahan dasar kain. Penggunaan masker kain tidak boleh lebih dari 4 (empat) jam. Setelahnya, masker harus dicuci menggunakan sabun dan air, dan juga pastikan bersih sebelum dipakai kembali.

Masker bedah atau masker N95 hanya diperuntukan tenaga kesehatan (karena terbatas). Lindungi diri dengan cara semua orang menggunakan masker ketika keluar rumah

Apakah COVID-19 dapat melekat pada benda mati?
Ya. COVID-19 bisa menempel pada benda mati ataupun barang selama beberapa jam atau beberapa hari apabila tidak secepatnya dibersihkan dengan disinfektan. Namun, ketahanan COVID-19 menempel pada suatu benda tergantung dari beberapa faktor seperti kelembapan, suhu, dan jenis permukaan.

Setelah membersihkan barang yang terpapar COVID-19 dengan disinfektan, maka segera bersihkan tangan dengan alkohol ataupun sabun. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.

Apakah COVID-19 sudah ada obatnya?
Hingga sekarang ini, vaksin dan obat untuk COVID-19 masih dalam tahap penelitian. Pengobatan masih berupa pengobatan suportif.

Apakah ANTIBIOTIK efektif mencegah dan menangani COVID-19?
Tidak. Antibiotik tidak bisa melawan virus, Antibiotik hanya bisa melawan infeksi bakteri. COVID-19 disebabkan oleh virus sehingga antibiotik tidak efektif.

Antibiotik tidak boleh digunakan untuk mencegah atau mengobati COVID-19. Antibiotik hanya digunakan sesuai arahan dokter untuk mengobati infeksi bakteri.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

sumber : awasicorona.klatenkab.go.id

Perlindungan Diri Terhadap COVID-19

Anda Mungkin Menyukai Ini

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website