Kabupaten Sragen, Bumi Sukowati Yang ASRI

logo Kabupaten Sragen

Sragen merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya berada di Sragen, atau kurang lebih 30 km di sebelah timur dari Kota Surakarta. Di utara Kabupaten Sragen berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Grobogan, di timur berbatasan dengan Kabupaten Ngawi (Provinsi Jawa Timur), di selatan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali, serta di barat berbatasan dengan Kabupaten Boyolali.

Kabupaten Sragen sering disebut dengan nama "Bumi Sukowati", yaitu sebuah nama yang sudah digunakan sejak pada masa kekuasaan Kerajaan (Kasunanan) Surakarta. Nama Sragen tersebut dipakai sebab pusat pemerintahan berada di Sragen. Kabupaten Sragen memiliki luas wilayah sekitar 941,55 kilometer persegi. Kabupaten Sragen diresmikan pada tanggal 18 Maret 1950 dan memiliki Kode area telepon yaitu 0271 serta mempunyai Moto Sragen ASRI (Aman, Sehat, Rapi, Indah). Flora Resmi di Kabupaten Sragen adalah salam sedangkan Fauna resminya Burung Branjangan.

 

Kabupaten Sragen terdiri dari 20 kecamatan dan 208 desa/kelurahan dengan Pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Sragen. Kecamatan yang ada di Kabupaten Sragen yaitu:Tangen, Tanon, Sambirejo, Sambungmacan, Sidoharjo, Sragen, Sukodono, Sumberlawang, Masaran, Miri, Mondokan, Ngrampal, Plupuh, Gemolong, Gesi, Gondang, Jenar, Kalijambe, Karangmalang dan Kedawung

Kabupaten Sragen memiliki slogan pariwisata The Ancient of Java dan mempunyai banyak tempat wisata diantaranya adalah Alun-alun Kabupaten Sragen, Dayu Park, Waduk Kedung ombo, Museum Manyar Rejo, Waduk Botok, Taman Krido Anggo, Museum Fosil Sangiran, Pemandian Air Panas Bayanan, Waduk Brambang, Doeng Cuo Water Park, Ganesha Techno Park dan Kolam Renang Kartika

Kabupaten Sragen juga mempunyai memiliki beberapa makanan khas kuliner daerah diantaranya adalah Soto Kwali, Botok Mercon, Batik Sukowati, Pecel Tumpang, Sate Kambing, Seni Budaya dan Wayang Beber

Geografi

Secara geografis, Kabupaten Sragen berada di 110°45' – 111°10' Bujur Timur dan 7°15' – 7°30' Lintang Selatan. Wilayah Kabupaten Sragen terletak di lembah aliran Sungai Bengawan Solo yang mengalir ke timur. Sebagian besar Kabupaten Sragen merupakan dataran rendah yang memiliki ketinggian antara 70-480 mdpl. Di Sebelah utara berupa perbukitan, dan merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng. Sedangkan sebagian kecil di wilayah selatan berupa perbukitan kaki Gunung Lawu.

 

Sejarah

Berdasarkan Perda Nomor: 4 Tahun 1987 maka Hari Jadi Kabupaten Sragen ditetapkan pada hari Selasa Pon, tanggal 27 Mei 1746 dan merupakan hasil penelitian serta kajian pada fakta sejarah, yaitu ketika Pangeran Mangkubumi yang pada kemudian hari menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono yang pertama telah menancapkan tonggak pertama untuk melakukan perlawanan terhadap penjajahan Belanda menuju bangsa yang berdaulat dengan cara membentuk suatu Pemerintahan lokal di Desa Pandak, Karangnongko yang masuk tlatah Sukowati sebelah timur.

Peta Lokasi

Sekian artikel kami tentang Kabupaten Sragen, Bumi Sukowati Yang ASRI.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Visit Klaten – Peta Pariwisata dan Media Iklan Klaten – Ayo Ke Klaten !.

Merupakan Media Informasi Pariwisata dan Media Iklan di area Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Boyolali, Karanganyar dan sekitarnya.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

#visitklaten #visitklatencom #klaten

 

Please wait...

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website