Aktivitas Menarik Bersama Anak-Anak Saat Liburan Sambil Belajar Agama Islam

Liburan Islami Anak

Liburan sekolah menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak anak. Sebagai orang tua sebaiknya memilih kegiatan positif untuk mengisi liburan. Agar liburan semakin bermanfaat seperti mengajarkan nilai-nilai islami kepada anak, sebaiknya mengajak mereka untuk menikmati liburan Islami.

Berikut merupakan beberapa alternative liburan Islami yang dapat diterapkan:

1. Menonton Film Anak Islami
Anak-anak dapat mengajak sahabat, tetangga, maupun kerabat yang tidak jauh dari tempat tinggal untuk menonton film bersama.

Dengan kegiatan seperti ini, secara langsung bisa mendidik anak-anak cara menjadi tuan rumah yang baik. misalnya, cara menjamu tamu dengan menghidangkan makanan dan minuman serta bertutur kata dan bersikap sopan kepada tamu yang diundang tersebut.

 

2. Membaca Bersama
Orang tua bisa memilihkan buku cerita anak yang Islami, misalnya kisah para nabi, sahabat dan tokoh-tokoh Islam yang legendaris. Kemudian memperagakan bersama anak dengan properti yang seadanya tentang buku yang telah dibaca tersebut

3. Mengunjungi Berbagai Masjid
Sebagai orang tua bisa mengajak anak-anak untuk sholat lima waktu di masjid yang berbeda-beda. Orang tua bisa mengajarkan tentang kewajiban sholat fardhu dan keutamaan menjalankannya di masjid juga bisa mengenalkan arsitektur masjid.

4. Berbagi
Agama Islam mengajarkan kepada umatnya agar saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa. Maka seyogyanya anak-anak diberi motivasi agar berbagi barang yang mereka miliki kepada anak-anak yang lebih membutuhkan.

Seperti buku, baju bekas, dan mainan yang sekiranya masih layak pakai dapat menjadi barang yang bermanfaat untuk disumbangkan. Sumbangan tersebut bisa disalurkan secara langsung ke panti asuhan terdekat atau bisa melalui komunitas penyalur bantuan.

5. Silaturahmi
Agama Islam menganjurkan untuk silaturahmi. Maka sejak dini, sesering mungkin mengajak anak-anak untuk mengunjungi / silaturahmi ke sanak saudara atau teman yang lama tidak bertemu.

Momen liburan merupakan momen yang cocok untuk melaksanakan kegiatan silaturahmi. Anak-anak bisa diperkenalkan dengan saudara yang sekiranya belum pernah mereka jumpai dan juga Anak-anak akan mendapatkan pengalaman baru melalui perjalanan di tempat yang baru.

 

Liburan yang mengusung tema islami seperti yang kami uraikan diatas hendaknya bisa dilakukan dengan memperbarui kegiatan anak agar selalu menarik dan menyenangkan. Dan semoga Alternative kegiatan islami diatas bisa bermanfaaat

Sekian artikel kami tentang Aktivitas Menarik Bersama Anak-Anak Saat Liburan Sambil Belajar Agama Islam.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Visit Klaten – Peta pariwisata dan media iklan Klaten – Ayo Ke Klaten !.

Merupakan media informasi pariwisata dan media iklan di area Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Boyolali, Karanganyar dan sekitarnya.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

#visitklaten #visitklatencom #klaten

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Artikel
Author Rating
51star1star1star1star1star

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website