Pemandian Tirta Mulyani

for-sale-dp-09

Pemandian Tirta Mulyani atau sering disebut oleh warga sekitar dengan "umbul wedhok" ini terletak di dukuh Karang Lor RT 02/03 desa Pluneng Kecamatan Kebonarum kabupaten klaten.

Walaupun namanya tidak begitu terkenal atau kalah bersaing dengan objek wisata pemandian lainnya di klaten. Tapi tidak salahnya mencoba untuk mengunjungi pemandian tirta mulyani, selain gratis, airnya pun alami dari sumber yang mengalir.

Pemandian Tirta Mulyani atau sering disebut oleh warga sekitar dengan "umbul wedhok" ini memiliki ciri khusus yaitu terdapat patung budha yang cuma ada satu padahal dulu itu ada dua patung karena terjadi pencurian jadi tinggal satu deh.

Pemandian ini sering digunakan warga sekitar setiap pagi dan sore hari untuk mandi dan mencuci pakaian.

Di pemandian ini juga terdapat sebuah meja yang terbuat dari campuran batu bata, semen dan pasir yang kebanyakan orang mengira bahwa meja ini sering digunakan untuk memandikan mayat, tapi setahu saya meja itu sering digunakan untuk mencuci karpet apalagi menjelang ramadhan, banyak takmir masjid yang memanfaatkan untuk mencuci sajadah karpet.

Dulu terdapat makanan khas di umbul ini yaitu "kimpling".

kalo saat padusan tidak sedikit orang yang datang ke umbul ini walaupun kebanyakaan anak-anak sih.

biaya lelang sewa untuk padusan pun juga tidak sedikit, tahun kemarin sekitar 1,5 juta rupiah. tapi tetap masih mahal yang tirta mulyana.

jadi tidak ada salahnya mencoba untuk mengunjungi umbul wedhok di pluneng ini saat weekend baik sendiri, bersama keluarga maupun teman.

 

Please wait...

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website