Pesona Bawah Laut Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Tanjung_Bira_Sulawesi_Selatan_visitklatencom

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak tempat wisata yang patut untuk dikunjungi dikarenakan keindahan dan pesona alamnya. Banyak wisatawan mancanegara maupun domestik yang berkunjung ke Sulawesi Selatan terutama kota/kabupaten Makassar untuk mengisi liburan, disebabkan banyak destinasi wisata yang cukup murah dan salah satunya adalah Pantai Tanjung Bira. Pantai Tanjung Bira ini memiliki panorama alam ala pantai tropis yang mana lautnya seperti crystal clear yang berwarna biru kehijauan. Pantai Tanjung Bira sangat cocok untuk diving dan snorkeling dengan suguhan pemandangan sunrise maupun sunset juga pasir putihnya yang begitu menakjubkan.

 

Pantai Tanjung Bira berlokasi di ujung selatan daratan sulawesi selatan hampir menjorok ke daerah Flores, lebih tepatnya di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba yang jaraknya cukup jauh dari pusat ibukota Makassar kurang lebih sekitar 200km - 250km. Untuk menuju ke Pantai Tanjung Bira jika dari makassar, anda bisa menggunakan sarana transportasi umum travel dari makassar ke bulukumba dengan biaya kurang lebih sekitar Rp 40.000 per orang kemudian perjalanan dilanjutkan dari bulukumba ke tanjung bira menggunakan sarana transportasi mikrolet atau biasa disebut pete-pete dengan biaya kurang lebih sekitar Rp 15.000 per orang atau bisa juga memesan jasa tour travel jika tidak ingin repot yang akan mengantar anda dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin sampai Pantai Tanjung Bira yang biasanya harganya bervariasi sesuai paket wisata yang diplih. Waktu perjalanan dari makassar sampai tanjung bira kurang lebih membutuhkan waktu antara 4 sampai 6 jam tergantung kondisi jalan dan rute yang diplih.

Baca Juga : Calon Situs Warisan Dunia Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Biaya masuk atau harga tiket ke pantai tanjung bira kurang lebih sekitar Rp 10.000 per orang untuk wisatawan domestik dan kurang lebih sekitar Rp 20.000 per orang untuk wisatawan mancanegara dan harga bisa berubah sewaktu-waktu terutama saat liburan atau hari libur tertentu. Dengan harga tiket segitu anda sudah bisa menikmati keindahan pemandangan pantai tanjung bira. Banyak fasilitas yang sudah disediakan di tanjung bira seperti persewaan perlengkapan menyelam, kamar mandi ,tempat parkir, homestay, villa, bungalow, hotel, resort, penyewaan perahu, dll.

 

Menyinggung masalah kuliner karena terletak dekat pantai atau laut maka otomatis sebagian besar akan dijumpai makanan yang berasal dari olahan seafood. Selain itu juga bisa dijumpai makanan khas Manado dan Toraja yang memiliki ciri khas asam, pedas dan memiliki sensasi pedas dan agak berbeda dengan jawa yang memiliki ciri khas makanannya manis dan setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing. Jika ingin mencari yang agak murah bisa mencoba Sop Konro dan Coto Makassar yang banyak dijumpai di warung-warung makan sekitar.

Daerah bulukumba terkenal akan galangan kapal phinisi dan di daerah bulukumba inilah tempat kapal Phinisi dibuat. Selain itu juga terdapat Masjid terbesar di Bulukumba yaitu masjid Islamic Center “Dato Tiro” yang memiliki arsitektur mewah dan iconic yang berada di pusat kota kabupaten bulukumba sulawesi selatan yang mana nama Dato Tiro diambil dari nama seorang ulama penyebar agama islam di daerah sulawesi selatan sekitar abad ke 16.

Sekian artikel kami tentang Pesona Bawah Laut Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Visit Klaten – Peta pariwisata dan media iklan Klaten – Ayo Ke Klaten !.

Merupakan media informasi pariwisata dan media iklan di area klaten, surakarta, yogyakarta, boyolali dan sekitarnya.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Please wait...

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website