Menara Kembar Petronas, Malaysia

menara petronas

Menara Petronas atau sering disebut Menara Kembar Petronas dan dalam bahasa Melayu bernama Menara Berkembar Petronas yang berada di Kuala Lumpur, Negara Malaysia. Sebelum dilampaui oleh Burj Khalifa dan Taipei 101, Menara Petronas merupakan sepasang menara kembar yang dulu pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia tahun 1998-2004.

Menara yang mempunyai tinggi 88 lantai tersebut sebagian besar dibangun dari beton bertulang yang memiliki eksterior bangunan yang terbuat dari baja dan kaca serta dirancang menyerupai dengan motif kesenian Islam dan mencerminkan agama Islam di Malaysia.

 

Tetapi, kedua menara tersebut masih menjadi pencakar langit kembar tertinggi di dunia abad ke-20. Berdasarkan pengukuran mulai dari lantai pintu masuk utama hungga struktur atas, Menara Kembar Petronas memiliki gelar yaitu sebagai bangunan tertinggi dari tahun 1998-2004.

Menara Petronas dirancang oleh arsitek dari Argentina bernama César Pelli dan selesai dibangun di tahun 1998. Setelah menghabiskan waktu 7 tahun, menara Petronas menjadi bangunan tertinggi di dunia saat diresmikan.

Di bawah bangunan tersebut, akan ditemui sebuah Taman KLCC seluas 17 acre yang telah disediakan jalur untuk joging dan rekreasi, kolam rendam, kolam air mancur, serta arena bermain anak-anak. Suria KLCC merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang terbesar di Malaysia.

Menara Petronas mempunyai sebuah jembatan udara yang menghubungkan kedua menara di lantai 41 dan 42, dan menjadikan jembatan dua lantai tertinggi di dunia.

Jembatan tersebut tidak dipasang langsung di struktur utama, namun dirancang untuk bergeser ke dalam dan ke luar menara supaya tidak patah akibat dari angin kencang ataupun pergerakan lempeng seismik.

Jembatan tersbut juga berfungsi sebagai peranti keamanan yaitu jika terjadi kebakaran ataupun keadaan gawat darurat dan semisalnya di salah satu menara Petronas, maka para pengunjung dapat mengosongkannya dengan menaiki jembatan menuju ke menara yang satunya lagi.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Visit Klaten – Peta Pariwisata dan Media Iklan Klaten – Ayo Ke Klaten !.

Merupakan Media Informasi Pariwisata dan Media Iklan di area Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Boyolali, Karanganyar dan sekitarnya.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

#visitklaten #visitklatencom #klaten

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Artikel
Author Rating
51star1star1star1star1star

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website