Terminal Bus IR Soekarno Di Buntalan, Klaten Tengah, Klaten

Terminal IR Soekarno Klaten

Terminal IR Soekarno Klaten – Terminal bus merupakan salah satu prasarana transportasi jalan yang mempunyai fungsi untuk menurunkan dan menaikkan penumpang, sebagai tempat perpindahan intra dan/atau antar moda transportasi dan juga untuk mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum.

Secuil Deskripsi Terminal Bus IR Soekarno

Terletak di Jl. Jombor Indah, Desa Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57419. Merupakan terminal bus baru yang sebelumnya terminal bus berada di Kelurahan Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten yang sekarang menjadi komplek masjid agung Al Aqsha.

Terminal yang baru ini diberi nama presiden republik Indonesia yang pertama yaitu Presiden IR Soekarno. Akses jalan sangat mudah karena berada di dekat jalan raya. Lokasinya berdekatan dengan stasiun kereta api jadi sangat memudahkan jika ingin berpindah dari Bus ke kereta api atau sebaliknya.

Lokasinya jika dari arah jogja maka di lampu lalu lintas di dekat RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten belok kanan atau ikut jalur bypass tapi tunggu lampu hijau dulu. Ikuti jalur maka sekitar 2 KM akan sampai di terminal.

Jika dari arah solo maka di lampu lalu lintas dekat masjid Al Aqsha belok kiri langsung aja di jalur by pass dan sekitar 4 KM maka akan sampai di terminal.

Terminal bus ini diresmikan pada hari Kamis, 2 November 2017 oleh Plt Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendra Suratman didampingi dengan Plt Bupati Klaten Sri Mulyani. Terminal Bus Ir. Soekarno Klaten dibangun di atas lahan seluas sekitar 3,2 hektare dan mampu menampung 300 armada bus.

Pembangunan Terminal Ir. Soekarno dilaksanakan sejak tahun 2013 dengan total anggaran yang dikeluarkan sekitar Rp49,7 miliar. Pada tahap I menggunakan alokasi dana APBD Klaten sekitar sebesar Rp17,166 miliar dan APBN Rp3,891 miliar.

Pada tahap I/2014, Menghabiskan anggaran dari APBD sekitar Rp8,679 miliar dan dari APBN sekitar Rp10,309 miliar. Pada tahap III/2015, proyek pembangunan menghabiskan anggaran dari APBD sekitar Rp2,394 miliardan dari APBN Rp7,3 miliar.

Terminal bus Ir. Soekarno menjadi salah satu dari 16 terminal di indonesia yang dipilih pemerintah di dalam proyek percontohan sosial untuk mewujudkan Terminal Bus A.

Peta Lokasi

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website