UMK Klaten 2022 Naik Sebesar Rp 4.000. Besaran UMK Klaten pada tahun 2022 telah disepakati sebesar Rp 2.015.623 yang naik Rp 4.000 dari tahun sebelumya (Rp 2.011.514).

Upah Minimum merupakan upah bulanan terendah yang terdiri dari upah pokok termasuk juga tunjangan tetap yang telah ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman.
Jenis Upah minimum terdiri dari 4 jenis yaitu
- UMP atau Upah minimum provinsi merupakan upah minimum yang berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di satu provinsi. UMP adalah perubahan nama dari UMR Tingkat I yang penetapannya oleh gubernur.
- UMK atau Upah minimum kabupaten/kota atau yang dulu disebut UMR Tingkat II merupakan upah minimum yang berlaku di wilayah kabupaten/kota.
- UMSP atau Upah minimum sektoral provinsi merupakan upah minimum yang berlaku secara sektoral di satu provinsi.
- UMSK atau Upah minimum sektoral kabupaten/kota merupakan upah minimum yang berlaku secara sektoral di wilayah kabupaten/kota.
UMR atau Upah Minimum Regional adalah upah minimum yang penetapannya dilakukan oleh gubernur yang menjadi acuan pendapatan buruh di wilayahnya. Secara resmi sebenarnya istilah UMR telah berganti dengan istilah UMP atau Upah Minimum Provinsi dan UMK atau Upah Minimum Kabupaten/Kota.
Terkadang di kalangan masyarakat, istilah UMR masih kerap digunakan dalam penyebutan upah minimum di suatu provinsi maupun kabupaten/kota. Oleh karea itu, UMR adalah penyebutan untuk mengganti istilah UMP dan UMK dalam interaksi sosial sehari-hari.
UMK Klaten Dan UMP Jawa Tengah 2022
UMP Jawa Tengah pada tahun 2022 adalah sebesar Rp 1.813.011. Berikut daftar upah minimum 35 kota/kabupaten:
| Kota Semarang | Rp 2.835.021,29 |
| Kabupaten Demak | Rp 2.513.005,89 |
| Kabupaten Kendal | Rp 2.340.312,28 |
| Kabupaten Semarang | Rp 2.311.254,15 |
| Kota Salatiga | Rp 2.128.523,19 |
| Kabupaten Grobogan | Rp 1.894.032,10 |
| Kabupaten Blora | Rp 1.904.196,69 |
| Kabupaten Kudus | Rp 2.293.058,26 |
| Kabupaten Jepara | Rp 2.108.403,11 |
| Kabupaten Pati | Rp 1.968.339,04 |
| Kabupaten Rembang | Rp 1.874.322,05 |
| Kabupaten Boyolali | Rp 2.010.299,30 |
| Kota Surakarta | Rp 2.035.720,17 |
| Kabupaten Sukoharjo | Rp 1.998.153,18 |
| Kabupaten Sragen | Rp 1.839.429,56 |
| Kabupaten Karanganyar | Rp 2.064.313,20 |
| Kabupaten Wonogiri | Rp 1.839.043,99 |
| Kabupaten Klaten | Rp 2.015.623,36 |
| Kota Magelang | Rp 1.935.913,27 |
| Kabupaten Magelang | Rp 2.081.807,18 |
| Kabupaten Purworejo | Rp 1.911.850,80 |
| Kabupaten Temanggung | Rp 1.887.832,11 |
| Kabupaten Wonosobo | Rp 1.931.285,33 |
| Kabupaten Kebumen | Rp 1.906.781,84 |
| Kabupaten Banyumas | Rp 1.983.261,84 |
| Kabupaten Cilacap | Rp 2.230.731,50 |
| Kabupaten Banjarnegara | Rp 1.819.835,17 |
| Kabupaten Purbalingga | Rp 1.996.814,94 |
| Kabupaten Batang | Rp 2.132.535,02 |
| Kota Pekalongan | Rp 2.156.213,77 |
| Kabupaten Pekalongan | Rp 2.094.646,19 |
| Kabupaten Pemalang | Rp 1.940.890,41 |
| Kota Tegal | Rp 2.005.930,52 |
| Kabupaten Tegal | Rp 1.968.446,34 |
| Kabupaten Brebes | Rp 1.885.019,39 |
UMP ditetapkan dan diumumkan oleh gubernur secara serentak setiap tanggal 1 November. UMK ditetapkan dan diumumkan oleh gubernur selambat-lambatnya tanggal 21 November sesudah penetapan UMP dengan jumlah yang lebih besar dari UMP.
Terima kasih telah mengunjungi website kami.
Share jika bermanfaat, jika ada kritik, pertanyaan, tambahan atau saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.