Waduk Tirtomarto Karanganyar Berdiri Sejak Pemerintahan Hindia Belanda

Waduk Tirtomarto Delingan Karanganyar

Waduk Tirtomarto Delingan KaranganyarWaduk Delingan atau Waduk Tirtomarto merupakan waduk buatan yang berlokasi di Jalan Raya Karanganyar-Mojogedang KM 5 Dukuh Pojok, Desa Delingan, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah dan Lokasinya dekat dengan Wana Wisata Gunung Bromo Karanganyar.

Pemerintah Hindia Belanda mulai membangun Waduk Tirtomarto pada tahun 1920 dan selesai tahun 1923. Waduk Delingan atau Waduk Tirtomarto memiliki elevasi puncak 179 meter, mempunyai daerah muka air seluas kurang lebih 47 hektar (normal) dan sekitar 50 hektar (banjir) dengan volume yang efektif 2,07 juta meter kubik serta Waduk Delingan atau Waduk Tirtomarto mampu mengairi areal persawahan seluas sekitar 10.000 hektar.

Waduk Tirtomarto ini pernah direhabilitasi pada tanggal 8 Maret 1999 pada Proyek Pembangunan dan Konservasi Sumber Air (PKSA) Bengawan Solo oleh Departemen Pekerjaan Umum (DPU). Pekerjaan rehabilitasi tersebut meliputi perbaikan tubuh bangunan dan perbaikan pintu pelimpahan air waduk. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi Waduk Tirtomarto tersebut dengan daerah tangkapan air (DTA) seluas 1.200 hektar saat ini cukup memprihatinkan jika dilihat dari kontinuitas ketersediaan air. Hal ini disebabkan karena terjadinya sendimentasi di waduk yang kurang mendapat penanganan yang serius. Waduk yang mulanya dapat menyediakan air sepanjang tahun, Saat ini berada dalam kondisi kering di saat musim kemarau, sehingga kurang mampu lagi memenuhi kebutuhan air ke daerah irigasi persawahan.

 

Waduk Tirtomarto sekarang dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) yaitu salah satu Satuan Kerja (Satker) dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Waduk Tirtomarto memiliki kondisi geografis yang cukup bagus. Waduk ini dikelilingi oleh hamparan perbukitan, hijaunya pepohonan, lahan pertanian yang memberikan kesejukan dan keindahan pemandangan sekitar waduk. Waduk yang semula dibangun untuk keperluan mencukupi kebutuhan air irigasi pertanian di daerah Delingan atau sekitarnya, bisa lebih dikembangkan lagi untuk kepariwisataan seperti wisata alam atau wisata olahraga air.

Dengan suasana sore yang tidak begitu panas disertai angin sepoi-sepoi yang berhembus serta melihat hamparan air waduk yang begitu luas, membuat ingin berlama-lama di pinggir waduk Delingan dan terasa sangat menyenangkan. Jika merasa capek dan ingin makan atau minum sembari beristirahat bisa jajan di warung-warung sederhana walaupun jumlahnya tidak begitu banyak yang berada di sisi utara dan barat waduk yang bisa dijadikan tempat istirahat.

Peta Lokasi

Video

Sekian artikel kami tentang Waduk Tirtomarto Karanganyar Berdiri Sejak Pemerintahan Hindia Belanda.

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Visit Klaten – Peta pariwisata dan media iklan Klaten – Ayo Ke Klaten !.

Merupakan media informasi pariwisata dan media iklan di area klaten, surakarta, yogyakarta, boyolali, karanganyar dan sekitarnya.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

 #huntingfoto, #biking, #boyolali, #daftartempatwisata, #destinasiwisata, #exploreindonesia, #indonesia, #instagramable, #kabupatenkaranganyar, #karanganyar, #klaten,  #liburan,  #objekwisata, #pariwisata, #pariwisataindonesia, #petalokasi, #populer, #solo, #spotselfie, #surakarta, #visitcentraljava, #visitindonesia, #visitklaten, #visitklaten.com, #visitklatencom, #wisatakaranganyar, #wisatawan, #wonderfulindonesia, #wonderfuljateng, #wonderfulklaten,#yogyakarta, #wonogiri, #sragen, #agrowisataalam #WadukDelingan #wadukTirtomarto #pojok #delingan #wadukbuatan

Please wait...

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website