Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H Kabupaten Klaten

Jadwal Imsakiyah

Ramadhan merupakan bulan yang kesembilan dalam sistem penanggalan Islam. Pada bulan ini umat islam di seluruh dunia yang beriman menunaikan ibadah puasa. Dan puasa merupakah salah satu dari rukun islam. Bulan Ramadan berlangsung selama antara 29 dan 30 hari sesuai dengan pengamatan hilal.

Dibulan ramadhan ada suatu peristiwa yang agung yaitu nuzulul quran atau diturunkannya Al qura’an sebagai pedoman hidup umat manusia. Di bulan ramadhan juga terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan yang waktunya hanya Allah SWT yg tahu yaitu lailatur qodar.

Namun berdasarkan beberapa riwayat, malam lailatur qodar terdapat pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan, tepatnya di salah satu malam ganjil yaitu malam ke-21, 23, 25, 27 atau ke-29.

Puasa Ramadhan hukumnya fardhu untuk Muslim yang sudah baligh, kecuali yang mengalami halangan seperti sakit, musafir, hamil, menyusui, menstruasi. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan turun di bulan Sya’ban pada tahun kedua sesudah umat Muslim hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Selama berpuasa dari subuh sampai maghrib, Seorang Muslim harus menahan untuk makan, minum, merokok, dan berhubungan suami-istri.

kewajiban menjalankan puasa ramadhan bagi umat islam termuat dalam QS. Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

Kekhususan bulan Ramadan bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.”

Di Indonesia ada 2 macam cara atau metode untuk menentukan waktu awal puasa dan waktu idul fitri yaitu metode hisab yang dilakukan oleh organisasi Muhammadiyah dan metode rukyat yang dilakukan sidang itsbat terlebih dahulu.

Selama bulan ramadhan dan sebelum idul fitri, umat islam diwajibkan membayar zakat fitri bagi yang mampu. Besarnya per orang adalah satu sha’ makanan pokok di daerah setempat. Apabila dikonversikan di indonesia yang makanan pokonya berupa beras maka kurang lebih sekitar 2,5 kilogram atau 3,5 liter.

Berikut kami lampirkan jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H untuk wilayah klaten dari majelis tabligh pimpinan daerah muhammadiyah klaten. Silakan klik pada gambar diatas untuk memperbesar.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website