Kurma Dan Manfaat Yang Terkandung Di Dalamnya

Manfaat kurma

Kurma merupakan sejenis tanaman palma/Arecaceae di dalam genus Phoenix yang buahnya bisa dimakan. Kemungkinan pohon kurma berasal dari sekitar Teluk Persia.

Buah kurma panjangnya 3-7 cm dan berbentuk lonjong-silinder, berdiameter sekitar 2-3 cm. Saat masih muda pada umumnya berwarna merah cerah ke kuning terang namun juga tergantung dari jenisnya.

Pohon kurma adalah termasuk tanaman jenis dioecious, yakni terdiri dari tanaman jantan dan betina yang hidupnya terpisah. Dari bakal biji maka Pohom kurma dapat tumbuh dengan mudah.

Namun hanya sekitar 50% tanaman betina yang akan berbuah jika ditanam secara pembibitan, dan juga jika secara pembibitan maka akan menghasilkan buah yang kecil serta mempunyai kualitas rendah.

Oleh karena itu maka perkebunan pada umumnya memanfaatkan perkembangbiakan stek pada tanaman. Keuntungan lainnya dari sistem stek yaitu pohon akan berbuah 2-3 tahun lebih awal dibandingkan jika tanaman yang menggunakan bibit.

Manfaat Kurma

  • Dapat Memulihkan Tenaga Setelah Seharian Berpuasa
    Buah kurma mempunyai sekitar 50%-70% kandungan glukosa. Oleh karena itu maka sangat baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Kandungan glukosa tersebut dapat cepat diserap oleh tubuh sehingga membuat tubuh akan kembali fit kembali.
  • Dapat Mencegah Dari Penyakit Berbahaya
    Para pakar kesehatan menjelaskan apabila mengkonsumsi kurma dengan teratur, maka dapat membantu menurunkan resiko stroke. Kurma juga mempunyai kemampuan untuk membuat lebih tenang pada sel-sel saraf sehingga membuat kelenjar gondok lebih terjaga kesehatannya.
  • Membuat Kulit Tetap Mulus
    Di dalam Kurma terkandung vitamin A, C, dan E yang sangat penting dalam proses regenerasi kulit. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi kurma maka kulit akan tetap mulus serta terhindar dari penuaan dini.
  • Mengatasi Sembelit
    Cara mengatasi sembelit adalah memperbanyak makanan yang kaya akan serat. Dan Kurma merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat.
  • Mengatasi Anemia
    Kurma mempunyai kandungan asam folat yang tinggi yang membantu pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kurma dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh akibat dari anemia.

 

Menjelang dan memasukki bulan ramadhan pada umumnya akan banyak yang berjualan kurma secara offline maupun online. Khususnya di kabupaten klaten akan banyak yang menjual kurma dengan berbagai merek dan variasi harga sesuai dengan kualitas.

Dan dalam agama Islam dianjurkan untuk makan kurma ketika berbuka dan sahur.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website