Pemkab Klaten Siagakan Ambulan Gratis dan Pos Kesehatan Untuk Lebaran

ambulan gratis

Mudik merupakan kegiatan para perantau yang bekerja di luar daerah untuk kembali pulang ke kampung halaman mereka. Mudik di indonesia identik dengan menjelang hari besar keagamaan seperti lebaran.

Bagi warga klaten momen lebaran mungkin menjadi sesuatu hal yang ditunggu-tunggu karena bisa berkumpul lagi dengan sanak keluarga di kampung.

Transportasi yang digunakan oleh para pemudik antara lain : kereta api, pesawat terbang, bus, kapal laut, mobil, sepeda motor, bahkan truk bisa digunakan oleh para pemudik.

 

Guna melayani para pemudik khususnya pemudik klaten maka Pemkab Klaten telah menyiagaan sejumlah 80 unit mobil ambulan dan mendirikan sebanyak 5 pos kesehatan.

Pada hari jumat 24 Mei 2019 Pemkab Klaten melakukan pengecekan fisik kendaraan dan peralatan medis terhadap 80 unit ambulan tersebut di Halaman Pendapa Pemkab Klaten agar terjamin kelancaran operasional ambulan tersebut. Dengan pengecekan peralatan ambulan maka akan menunjang pelayanan pos kesehatan.

Yang perlu diwaspadai yaitu adanya kemungkinan penularan penyakit malaria yang terbawa oleh para pemudik. Karena terdapat beberapa daerah endemis penyakit malaria seperti di Sumatera, Purworejo, Kalimantan dan daerah lain yang bisa terjadi penularan penyakit malaria yang diduga dapat dibawa pemudik.

5 pos kesehatan yang didirikan oleh Pemkab Klaten yaitu pos 1 terdapat di Candi Prambanan, Pos 2 terdapat di Terminal Ir Soekarno Klaten, Pos 3 terdapat di Terminal Penggung, Pos 4 terdapat di eks Terminal Delanggu dan Pos 5 terdapat di Masjid Al Aqsha Klaten yang bergabung dengan Pos Kesehatan PMI Klaten. Pos kesehatan terebut akan dibuka mulai H-7 atau 29 Mei hingga H+7 atau 13 Juni 2019 Idul Fitri.

Pos kesehatan tersebut akan melibatkan sebanyak 34 Puskesmas, 34 klinik serta 11 rumah sakit yang terdapat di Klaten. Sedangkan Tim medis yang akan mendukung pos kesehatan tersebut terdiri dari sebanyak 192 perawat, 90 dokter, dan bidan serta 80 driver.

Para petugas medis akan dibagi menjadi 192 shift jaga dengan rincian dalam satu hari terbagi menjadi 3 kali shift jaga. Sehingga petugas bisa merayakan lebaran bersama dengan keluarga.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Artikel
Author Rating
51star1star1star1star1star

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website