Polisi Menangkap 9 Orang Peracun Ikan Sungai Bengawan Solo di Klaten

ikan mati

Komunitas pemancing, warga, serta polisi menangkap 9 pelaku peracun ikan di alur Sungai Bengawan Solo di Desa Serenan, Juwiring, Klaten, Jawa Tengah.

Penangkapan tersebut dilakukan karena warga dan komunitas resah akan aksi meracun ikan yang dikhawatirkan kedepannya akan merusak ekosistem sungai.

Penangkapan dilakukan pada hari Jumat 10 Mei 2019 malam. Penangkapan berawal saat ada 2 orang yang memancing di tepi sungai dan melihat aktivitas sekelompok orang yang menebarkan racun ke alur sungai wilayah Serenan yang merupakan pertemuan Sungai Dengkeng dengan Sungai Bengawan Solo.

Aktivitas tersebut kemudian diadukan ke sejumlah komunitas pemancing dan langsung melakukan penangkapan bersama warga setempat beserta polisi.

Ketua Sedulur Mancing Mania Klaten (SMMK) yaitu Arif Munandar, mengatakan bahwa dari penangkapan tersebut terdapat 9 orang yang ditangkap dari total sekitar 20 orang. Menyita sebanyak 11 sepeda motor, jaring, sampai racun yang digunakan oleh para pelaku.

Ikan yang ditangkap setelah diracun digunakan oleh para pelaku sebagai konsumsi pribadi dan sebagiannya dijual. Diketahui para pelaku berasal dari luar Klaten dan sebagian berasal dari Solo dan Karanganyar.

Aksi meracun ikan di alur sungai sering terjadi apalagi di wilayah Klaten sisi timur.

Ikan yang hidup di alur Sungai Bengawan Solo beranekaragam seperti nila, jambal, dan tawes. Keberadaan ikan-ikan tersebut dikhawatirkan semakin berkurang dan akan mengganggu ekosistem sungai jika aksi meracun ikan terus dibiarkan.

Aksi meracun ikan sungai tersebut juga melanggar UU No. 45/2009 tentang Perikanan.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

 

Sumber : https://news.okezone.com/read/2019/05/14/512/2055431/polisi-tangkap-9-peracun-ikan-sungai-bengawan-solo-di-klaten

Summary
Review Date
Reviewed Item
Artikel
Author Rating
51star1star1star1star1star

Baca Juga

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website