Ngabuburit Di Klaten

ramadhan

Saat memasuki bulan ramadhan ada salah satu istilah yang terkenal yaitu istilah ngabuburit. Lalu apa sih arti dari Ngabuburit itu ?

Ngabuburit merupakan sebuah kegiatan untuk menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan. Kegiatan ngabuburit bisa dilakukan degan banyak hal, seperti jalan-jalan, bercengkerama, bermain, mendatangi pasar kuliner, mencari takjil gratis atau menghabiskan waktu di taman. Selain itu, kegiatan ngabuburit bisa berupa mengikuti kegiatan keagamaan seperti mendengarkan ceramah dan mengaji.

Istilah Ngabuburit dalam bahasa Minang dikenal dengan nama malengah puaso, yaitu melakukan kegiatan guna mengalihkan rasa haus serta lapar karena sedang berpuasa.

Berdasarkan Kamus Bahasa Sunda yang telah diterbitkan oleh LBSS yaitu Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda, bahwasanya ngabuburit merupakan lakuran yang di dalam bahasa Sunda berasala dari kata ngalantung ngadagoan burit, yang mempunyai arti bersantai-santai sembari menunggu waktu sore.

Kata dasarnya, burit, yang berarti sore hari. Waktu ini pada umumnya antara usai salat asar sampai sebelum matahari terbenam. Namun, menurut sumber yang lainnya, istilah ngabuburit berasal dari kata burit saja yang mendapatkan imbuhan dan pengulangan suku kata pertama.

Di klaten banyak tempat yang bisa dijadikan referensi untuk ngabuburit. Misalnya ngabuburit di taman maka klaten banyak mempunyai wisata taman seperti taman lampion, taman gergunung, taman kota klaten, dll.

Atau bisa juga ngabuburit di perbukitan seperti bukit cinta, bukit patrum, dll.

Jika ngabuburit di masjid maka masjid al aqsho dan masjid raya klaten merupakan tempat yang recommended untuk dikunjungi. Karena masjid al aqsho mempunyai halaman yang luas dan masjid raya dekat dengan alun-alun klaten.

Pokoknya klaten banyak deh tempat yang bisa dijadikan referensi untuk kegiatan ngabuburit.

Sebaiknya di bulan puasa yang penuh berkah dan pahala, kegiatan ngabuburit dalam hal positif seperti mengaji, memberi takjil gratis, mengajar TPA, bersepeda, jogging, membaca buku, mengikuti ceramah di masjid yang biasanya kan diadakan buka bersama, dll.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Anda Mungkin Menyukai Ini

Post your Comments

NAME *
EMAIL *
Website